Wednesday 2 October 2013

Amankan akun FB ... Hacker berkeliaran dimana-mana ...

Buat pengguna aktif jejaring sosial Facebook adalah salah satu media favorit, apalagi bila sudah mengoptimalkan FB sebagai tempat cari duit alias ladang usaha. Seperti aku yang memanfaatkan FB sebagai kantor ke-2. Kalau sampai tiba-tiba akun FB kita di bajak orang tentu sangat merugikan, itu seperti rumah yang dimasuki pencuri ....

Kejadian ini dialami oleh salah seorang crossline / rekan kerja yang FB nya di hack oleh orang tak dikenal, dan akun FB tsb dipakai untuk berjualan barang elektronik. Ini memang bukan kejadian yang pertama kali, hampir tiap hari bisa ditemukan pembajakan akun Fb oleh orang-orang tak bertanggung jawab yang kemudian menggunakan akun bajakan tersebut untuk berjualan barang yang ternyata adalah penipuan.

Buat sebagian orang tentu ini tidak begitu masalah, karena biasanya memang akun FB tersebut dapat diambil alih oleh pemiliknya ataupun kalau memang sudah di hack ya bikin akun baru ...., tapi buat sebagian orang, akun FB telah menjadi ruang kerja / toko / atau bahkan gudang. Misalnya saja untuk yang menggunakan FB untuk berjualan online, menyimpan album foto dan lain-lain. Kalau sampai ini dibobol orang tentu sangat menjengkelkan, terlebih yang dialami rekan kerjaku itu akun FB nya sudah tidak bisa dibuka lagi tanpa tau penyebabnya ..


Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita pakai untuk mencegah hal ini dan ada baiknya bila kita mencegah sebelum terjadi.

1. Mengaktifkan jelajah aman pada FB (https), step by stepnya:
    Step1:
    
    Step 2: 


No comments:

Post a Comment